DAFTAR PARIWISATA DI INDONESIA

Kumpulan tempat yang harus di kunjungi di indonesia

Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan Teh Rancabali

Ciwidey adalah sebuah kecamatan di kabupaten bandung ( jawa Barat ). Nama Ciwidey berasal dari bahasa portugis kuno, dari kata Ciwi yang berarti buah kiwi dan Dey yang berarti hari. Daerah ini berbatasan dengan kabupaten Cianjur, dengan akses jalan yang menembus daerah cianjur selatan.

Ciwidey terkenal sebagai daerah tujuan wisata dan juga sebagai daerah penghasil produk pertanian dan perkebunan. Objek wisata di daerah ini antara lain :

Perkebunan Teh Rancabali Bandung

rancabali

Perkebunan Teh Rancabali Foto oleh : www.roberni.com

Perkebunan Teh Rancabali terletak di Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung, merupakan salah satu obyek wisata alam di Bandung selatan. Berada sekitar 50 Km di sebelah selatan kota Bandung pada ketinggian 1.628 diatas permukanaan laut dan suhu 16 – 26 derajat Celcius, perkebunan Teh Rancabaki berlokasi tidak jauh dari obyek wisata kawah putih dan bumi perkemahan Ranca Upas. Perkebunan ini mengolah dua komoditi yaitu teh dan kina yang di dukung oleh keberadaan pabrik pengelolahan teh CTC dan Orthodoks.

Keindahan perkebunan teh yang menghijau itu sepertinya tidak cukup, karena masih ada area alam lain yang membuat wisatawan betah berada disana, yaitu beberapa titik air terjun kecil bertingkat di tepian – tepian pohon teh yang terletak di sisi kanan kalau kita menuju objek wisata lain Situ Patenggang. Semua orang yang pernah ke sana setuju, kalau hamparan pucuk – pucuk daun teh dengan daun yang berwarna hijau kekuningan bak permadani yang luas, bisa membuat mata rehat dan serasa ingin merebahkan diri di atasnya. Para wisatawan yang datang pun tidak bosan – bosannya mengabadikan keindahan alam Rancabali dengan memotret berbagai wilayahnya. Selain menikmati pemandangan kebun teh, anda juga bisa melakukan kunjungan wisata ke pabrik teh Rancabali. Anda bisa melihat proses penanaman, pembibitan, pembukaan lahan, pemeliharaan, pemetikan, pemangkasan, sampai pengolahan teh. Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan tea walk dengan rute sejauh 2 Km, 3 Km, atau 4 Km.

Menurut sejarahnya, perkebunan teh Rancabali di bangun sejak tahun 1870 dan di perkebunan ini terdapat makan dan rumah peninggalan K. A. R. Bosscha.

Alam Rancabali tidak hanya bisa membuat sejuk mata dan hati, namun lebih dari itu, ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari hamparan daun hijau dan kuning bak permadani yang kita sebut sebagai daun teh.

Jalur / rute menuju ke tempat wisata perkebunan teh Rancabali

Menuju lokasi perkebunan teh Rancabali sama dengan menuju tempat wisata lainnya yang ada di kawasan Bandung selatan seperti : wisata petik strawberi – Ciwidey, obyek wisata kawah putih Ciwidey dan penangkaran rusa Rancaupas. Bagi pengunjung dari jakarta dapat melewati tol Cipularang kemudian keluar di pintu tol Kopo Bandung menuju selatan tepatnya menuju Soreang kemudian Ciwidey, dari pintu tol Kopo sampai Ciwidey apabila di tempuh menggunakan mobil pribadi waktu yang di tempuh sekitar 30 – 60 menit tergantung kondisi ramai tidaknya jalan. Dari Ciwidey wisatawan menuju ke arah Situ Patengggang, nantu wisatawan akan mendapatkan sebuah jalan yang bagian kiri dan kanannya penuh dengan pemandangan hamparan teh yang menghijau. Nah itulah lokasi obyek wisata perkebunan teh Rancabali.

 Foto Perkebunan Teh Rancabali

2013-06-22-12-16-28 2013-06-22-12-32-19 2013-06-22-12-40-01 2013-06-22-12-44-08

Peta lokasi KLIK SINI

Sumber :

http://tempatwisatadibandungid.blogspot.com/2013/08/obyek-wisata-perkebunan-teh-rancabali.html

http://evanreynaldi.wordpress.com/2013/06/25/kebun-teh-rancabali/

http://www.roberni.com/menikmati-aroma-teh-di-perkebunan-teh-ranca-bali.html

www.bandungreview.com/articles/view/1297/rancabali-lebih-dari-sekedar-perkebunan-teh

http://www.initempatwisata.com

One thought on “Perkebunan Teh Rancabali

  1. Senangnya kalau bisa liburan di sana. Udah pemandangannya indah, udaranya pasti sejuk. Masih belum lengkap informasi tentang tempat ini? Ayo kunjungi http://sebandung.com/2014/03/wisata-kebun-teh-bandung/.

Leave a comment